• Home » Articles » Food
    • 5 Buah Pencegah Penyakit Jantung
    • 8 years ago by Ryan Pratama
    • 4418 Hits
    • temp

      courtesy of google.com

      Tak hanya kaya akan vitamin dan mineral, ternyata buah juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan jantung. Jika Anda mengkonsumsinya secara teratur, maka jantung Anda akan terhindar dari masalah.

      Ceri
      Selain baik untuk kesehatan kulit, ternyata ceri juga baik untuk kesehatan jantung. Kandungan anthocyanins pada ceri merupakan nutrisi yang sangat baik bagi jantung.  Anthocyanins adalah antioksidan yang dapat mencegah penyakit aterosklerosis atau penyakit penyumbatan pembuluh darah. Aliran darah yang lancar, membawa efek yang baik untuk kerja jantung.

      Jeruk
      Buah yang banyak penggemarnya ini mengandung zat yang disebut Pectin. Pectin sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik.  Tak hanya itu, kandungan potasiumnya pun dapat membantu tekanan darah menjadi normal.

      Blueberry
      Sama seperti ceri, buah yang berwarna biru ini mempunyai kandungan anthocyanins yang cukup tinggi. Tak hanya itu, kandungan serat serta vitamin C dari buah ini juga cukup tinggi.

      Tomat
      Buah yang sering dipakai sebagai bahan pembuatan sambal dan juga sayuran ini ternyata mempunyai manfaat yang baik untuk jantung. Kandungan likopennya yang besar (yang termasuk jenis antioksidan) berfungsi mencegah timbulnya masalah kardiovaskular.

      Delima
      Delima  yang mempunyai nama latin punica granatum ini berasal dari Timur Tengah. Persebarannya mulai dari subtropik sampai tropik. Buah yang berwarna merah ini bisa mencegah terjadinya oksidasi kolesterol dalam darah. Kolesterol yang telah teroksidasi bisa menjadi plak yang menempel di dinding arteri.  Konsumsi jus delima dapat membuat plak-plak tersebut hancur dan mencegah terjadinya penambahan plak.

    • TAGGED: Jantung, Buah, Kesehatan, Manfaat, Kardiovaskular