• Home » Articles » Food
    • Kisah Si Rumah Dari Roti Jahe
    • 8 years ago by Octafiyenie M.Dj
    • 3080 Hits
    • courtesy of SendokGarpu.com

      SG Lovers pasti tahu dong dengan dongeng Hansel and Gretel yang terkenal? Ceritanya sering dijadikan dongeng sebelum tidur oleh para orang tua, film nya pun sering diputar di TV, apalagi ketika menjelang hari Natal.

      Ternyata cerita Hansel and Gretel ini menjadi salah satu penyebab terkenal nya GingerBread House atau Rumah yang terbuat dari roti jahe yang biasa menjadi hiasan di bulan Natal. Awalnya kebiasaan membuat roti jahe ini dilakukan oleh penduduk Jerman, namun mulai tersebar ke Amerika karena para penduduk Jerman yang menjadi pendatang di Negeri Amerika.

      Hansel dan Gretel ini mulai dikenal pada tahun 1812, diciptakan oleh Jacob Grimm dan Wilhelm Grimm yang merupakan dua bersaudara berkebangsaan Jerman. Sampai saat ini di beberapa desa di Jerman, masih ada kebiasaan yang dilakukan oleh tiap keluarga, mereka membuat model rumah nya dari roti jahe dan membawanya ke pusat desa, lalu anak-anak akan merubuhkan dan memakan rumah-rumah jahe tersebut pada tanggal 1 Januari untuk menyambut tahun baru. PAda saat ini juga selain roti jahe yang berbentuk rumah, ada pula yg berbentuk manusia biasa disebut GingerBread Man.

      Bentuk roti jahe yang dikenal sekarang ini pertama kali dibuat sekitar abad ke-13 di Inggris. Pada masa itu para wanita menghadiahkan kue jahe pada ksatria kesukaan mereka. Kue jahe tersebut memiliki berbagai bentuk dan arti, misalnya bentuk hati untuk menjauhkan segala kejahatan. Jahe pada saat itu sangat mudah didapat di Jerman karena Jerman telah menjadi pusat perdagangan rempah-rempah. Pada abad ke-16 Ratu Elizabeth I mempersembahkan para tamunya dengan roti jahe yang bentuknya mirip mereka.

    • TAGGED: Roti Jahe, Gingerbread, House, Natal, Jerman, Amerika, Miniatur, Hensel & Gretel, SendokGarpu