• Home » Food » Featured Reviews
    • Authentic African Food Has Come to Jakarta
    • 9 years ago by Cuni Candrika
    • 11760 Hits
    • courtesy of http://mylifemynotes.wordpress.com

      Kita biasa menemukan makanan Amerika, Eropa maupun Asia di seluruh tempat di negeri ini. Tapi di mana kita bisa menemukan makanan Afrika? Langsung datang saja ke Gading Food City, Kelapa Gading. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk merasakan Sate Afrika yang terbuat dari domba. Restoran ini dinamakan sesuai dengan spesialisasi makanannya, “Sate Afrika”. Berdiri 10 tahun yang lalu dengan pusatnya di Tanah Abang, Sate Afrika didirikan oleh H. Ismail Coulibaly. Ide berdirinya restoran ini tercetus karena adanya pemikiran bahwa orang Afrika yang tinggal di Jakarta membutuhkan tempat untuk makan dan bertemu dengan teman-temannya dari Afrika. Banyak dari mereka yang tidak membawa istri mereka ke sini sehingga tidak bisa terus merasakan makanan rumahan Afrika. Itulah mengapa Bapak H. Ismail Coulibaly mendirikan restoran ini. Sate Afrika merupakan makanan khas dari Mali, Afrika Barat.

      Restoran ini memiliki cabang di daerah Slipi dan Kelapa Gading. SendokGarpu datang ke Kelapa Gading untuk merasakan keunikan makanan Afrika. Saya disambut dengan hangat oleh ibu Mei, saudara ipar dari Bapak Coulibaly. Ia mengelola restoran ini dengan suaminya. Menu yang dihidangkan di meja saya adalah Loko, Sate Afrika, Nasi Goreng Domba dan Jus Afrika. Menu-menu ini sangatlah digemari di restoran ini.

      Loko adalah pisang goreng yang dipotong-potong dan biasa disajikan dengan Sate Afrika. Orang Afrika senang memakan pisang sebagai makanan pokoknya dan biasa disantap saat makan malam. Pisang digunakan untuk menggantikan nasi ataupun kentang yang merupakan makanan pokok dari negara-negara lain. Sate afrika ini tidak ditusuk seperti sate-sate kebanyakan. Proses pembuatannya juga lain daripada yang lain. Pertama-tama, sate dibakar setengah matang, setelah itu direbus dengan menggunakan bumbu-bumbu khusus sampai empuk. Sebelum sate dihidangkan kepada konsumen, sate tersebut dibakar lagi. Loko dan sate dihidangkan dengan menggunakan bawang bombay, sambal terasi dan juga mayones. Sementara nasi goreng domba merupakan perpaduan antara nasi goreng dan iga domba. Untuk minuman, terdapat Jus Afrika yang merupakan perpaduan nanas dan jahe. Minuman tersebut benar-benar membuat badan terasa hangat.

      Restoran "Sate Afrika" buka dari jam 11 pagi hingga 11 malam. Harga makanan dan minumannya berkisar dari Rp 3.500,- sampai Rp 35.000,-

    • TAGGED: sate afrika, afrika, sate, kelapa gading, pisang, satay, african satay, africa