• Home » Food » Featured Reviews
    • Shabu Shabu House: The Fresh and Healthy Shabu Shabu in Town
    • 11 years ago by Stallone Tjia
    • 2752 Hits
    • courtesy of Stallone Tjia

      Makanan Jepang rupanya memang sudah akrab di lidah. Berbagai jenis tipe macam restoran yang mengusung makanan Jepang sudah banyak tersedia. Berbagai macam konsep restoran Jepang pun menawarkan tema dan konsep yang beragam.  Bagi Anda yang gemar mencicipi makanan Jepang tetapi tidak dapat menikmati makanan mentah seperti sushi dan sashimi, Anda perlu mencoba shabu-shabu ala Jepang yang terdapat di Shabu-Shabu House. Yang memang kebetulan sudah banyak buka di beberapa pusat perbelanjaan di Jakarta.
      Hari itu, Senayan City dipilih untuk mencoba salah satu outlet Shabu Shabu House yang memang terkenal dengan pilihan menu set shabu shabu yang selalu segar dan sehat. Dikelilingi dengan tema restoran yang sedikit modern dengan tambahan kesan potongan-potongan bambo horizontal di sudut dinding, restoran yang hamper menggunakan warna oranye untuk dekorasinya sungguh membangkitkan selera makan ketika sudah duduk di meja.

      Burhanuddin Hasibuan yang merupakan restoran manajer operasional dari Shabu Shabu House, mengatakan “Shabu Shabu House memang berfokus pada masakan shabu-shabu karena Ia ingin memperkenalkan makanan Jepang yang sehat dan juga alami selain makanan Jepang yang sudah terkenal sushi dan sashimi.”

      Shabu-shabu sendiri itu adalah penyajian yang terdiri dari lembaran-lembaran daging, sayuran, jamur, tahu dan mie yang akan direbus ke dalam suatu sup mendidih yang kemudian siap untuk disantap dengan cocolan saus. Saus di Shabu Shabu House itu sendiri mempunyai 4 variasi yang akan memberikan kejutan rasa yang berbeda-beda, sebut saja; Original yang merupakan sup tanpa kaldu untuk penikmat rasa asli dari kaldu dari daging yang direbus; Sukiyaki bagi Anda pecinta sup yang sedikit rasa sentuhan manis; Miso yang lebih gurih di lidah, dan yang terakhir Kimchi bagi Anda penggemar rasa pedas ala Korea.

      Dengan daging pilihan berkualitas tinggi dan yang paling segar juga sehat, para tamu dapat memilih berbagai macam daging pilihan: Wagyu, daging sapi dari New Zealand dan Australia. Daging sapi pun dapat dipilih ke dalam dua ukuran yaitu 100 gram dan 200 gram yang tentu saja akan dating sesuai dengan porsi yang dipesan. Tak selamanya harus daging sapi yang dipilih, pilihan lainnya terdapat berbagai macam seafood segar, daging ayam dan menu-menu vegetarian yang tetap akan terasa lezat.

      "Beberapa menu kami, daging sapi Australia, Selandia Baru dan ikan, benar-benar cocok dengan menyarankan diet karena mereka hanya memiliki 700 kalori, daging wagyu di sini sungguh asli, ini bias dilihat dari tekstur marbling yang terdapat di lapisan dagingnya yang terlihat jelas " kata Burhan

      Sambil menunggu pelayan menyiapkan menu set yang dipesan, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa menu starter dan tempura yang juga diandalkan di Shabu Shabu House. Suchi Goma yang sangat lezat tak tertahankan, kombinasi antara ikan dori, jamur shitake dan wijen yang dilumuri saos mayonais. Shitake Maki yang berwarna coklat menggoda yang merupakan jamur shitake yang dililit dengan daging sapi yang dilumuri juga dengan saos teriyaki di atasnya. Ebi Furai disajikan bersamaan dengan Onion Ringnya pun menggigit dengan garingnya bagi yang memilih berbagai macam variasi menu tempura di sini.

      Dengan semangkuk nasi yang berasal dari beras asli dari Jepang. Pengalaman merebus shabu shabu dimulai. Hal yang membuat menarik ketika makan shabu-shabu adalah bahwa Anda dapat menentukan seberapa baik proses perebusan dilakukan Anda inginkan untuk makan. Untuk memiliki hasil masakan  dengan baik, tersedia 2 kompor pada setiap meja yang dapat dipakai sendiri selama proses makan.

      Hidangan di atas meja siap direbus ke dalam panic air mendidih sesuai selera hingga terlihat matangan.  Tak cukup sampai di situ sebelum akhirnya berakhir di mulut dengan nasi, bila Anda gemar menambah rasa sebuah hidangan shabu shabu, Shabu Shabu House menyediakan beberapa saus yang cocok dipadankan dengan hidangan shabu shabu. Saus Ponzu yang akan membawa rasa segar, saus Goma (sesame seed) yang rasanya mirip seperti saus kacang, serta saus spicy bagi Anda pecinta rasa pedas.

      Masing-masing saus itu pun dapat ditambahkan beberapa bumbu-bumbu tambahan yang tersedia di setiap meja. Potongan bawang, potongan lobak yang sudah dihancurkan, irisan daun bawang, serta irisan cabai yang dapat dipilih sesuai selera lidah Anda.

      Namun, bagi Anda yang pada saat itu memang tidak sedang ingin mencoba masakan shabu-shabu, menu set ala carte lainnya pun tersedia di Shabu Shabu House. Sebuah salad Baby Octopus dan Unagi Don yang gurih sebagai pembuka, Salmon Fried Rice yang tentu saja menggoda selera makan kita dapat dijadikan pilihan alternatif yang tak kalah lezatnya.

      Sesuai namanya Shabu Shabu House memangnya rumah bagi Anda pecinta masakan Jepang berkonsep shabu shabu ini. Selain menghadirkan hidangan berbagai macam jenis daging sapi yang berkualitas tinggi dan sehat, Shabu Shabu House pun menjamin bahwa semua bahan makanan yang disajikan di sini sama sekali tidak memakai MSG dan bahan pengawet lainnya.

    • TAGGED: