• Home » Food » Featured Reviews
    • Braga Permai Saksi Sejarah Kota Bandung
    • 10 years ago by Sunshine4FreshAir
    • 12268 Hits
    • courtesy of SendokGarpu

      Indonesia adalah Negara yang memiliki sejarah panjang terutama jika berkaitan dengan Hindia Belanda. Jika melihat lebih dalam, ada banyak sekali peninggalan jaman Belanda yang masih kuat melekat di dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, baik disadari atau tidak.

      Sebut saja sebuah jalan terkenal di Bandung, Jalan Braga. Jalan ini memiliki nilai sejarah yang sangat panjang. Jika melihat arsitektur gedung yang ada, tanpak bangunan-bangunan dari jaman hindia Belanda yang masih terus dipertahankan keasliannya. Salah satu tempat yang cukup menyumbangkan nilai sejarah bagi Jalan Braga adalah Braga Permai.

      Braga permai adalah sebuah restaurant, atau mungkin lebih berkesan seperti kedai untuk menikmati makanan ringan dan juga menyantap makan malam sambil menikmati udara segar Bandung dan pemandangan Jalan Braga. Susananya sungguh nyaman.  Makanan yan disajikan cukup beragam. Dari mulai Ice cream, chocolate, pastries hingga steak wagyu yang special, pasta, nasi goreng dan lainnya.

      Sore itu Tim SendokGarpu bercengkerama dengan Pak Willy selaku General Manager Braga Permai dan disana Pak Willy banyak bercerita tentang sejarah dari Braga Permai.

      Berdiri sejak tahun 1923 dengan nama Maison Bogerijen dengan bangunan gaya tradisional Eropa dan pada iklan pertamanya berbunyi, “ Holeverncier van h.m. de koningin der nederlander en Zijn Exellentie G.G. van Ned. Indie”. Yang menunjukkan bahwa restoran ini merupakan penyedia kuliner Kerajaan Belanda, termasuk Gubernur Hindi Belanda waktu itu (Jaarboek van Batavia en Omstreken 1927).

      Oven yang dipakai saat itu termasuk khusus, karena terhubung langsung dengan saluran ditribusi gas kota. Bangunannyapun terbilang baru dan modern dimasa itu.

      Sangat disayangkan terjadi perombakan gedung akibat kebakaran dan perubahan nama pada era Soekarno pada tahun 1960-an, yang dikala itu memang digembar gemborkan untuk perubahan nama dari nama Belanda ke nama Indonesia. Maka lahirlah Braga Permai hingga hari ini.

      Jika kita mengunjungi Braga Permai, masih tersisa sedikit peninggalan dari masa Maison Bogerijen. Rak-rak kayu yang menempel pada dinding masih terawatt dan dijaga keasliannya. Dari segi produk, masih tetap dipertahankan Ice cream, cokelat, pastries khas dari jaman Maison Bogerijen tanpa merubah resepnya hingga saat ini.

      Menu yang masih otentik adalah Ice cream dengan 6 variant, pastriesnya dan kue-kue seperti Tompoesjes, Ananas Geap, Speculaas Almond, Ontbijkoek dan Booterstaf yang sangat cocok dihidangkan bersama Ice cream atau minum teh serta coklat homemade yang tetap dipertahankan keaslian rasanya hingga sekarang.

      Jika anda mengunjungi Bandung, tak ada salahnya mampir ke Jalan Braga khususnya Braga Permai untuk menikmati resep-resep peninggalan Belanda sambil menikmati suasana Bandung tempo dulu.

    • TAGGED: braga permai, braga, bandung, es krim, cokelat, pastries, sejarah