• Home » Articles » News
    • Chinatown : Kampung Cina yang Menyemarakkan Gemerlapnya Singapura
    • 9 years ago by Cuni Candrika
    • 2623 Hits
    • courtesy of

      Chinatown, sebuah daerah yang terdiri dari banyak etnis Cina di Singapura ini merupakan salah satu daerah tujuan wisata. Banyak barang-barang, suvenir dan juga makanan khas Cina dihadirkan di sana, bersandingan dengan kuil-kuil Cina dan bangunan-bangunan khas yang lain.

      Sejak awal tahun 1950-an, banyak orang yang menjual barang di toko-toko di daerah ini. Daerah ini pun berkembang menjadi pasar malam. Pasar malam dengan segala kemeriahannya, dengan segala jualannya dari barang hingga kedai makanan mulai menarik banyak turis dan mulai menghiasi banyak kartu pos pada tahun 1960-an sampai 1980-an.

      Pasar malam ini berakhir pada tahun 1983, ketika kedai-kedai dipindahkan ke tempat lain. Banyak yang merasakan bahwa Chinatown seperti hilang dengan ketiadaan kedai-kedai ini. Pada tahun 2001, Smith Street berubah menjadi jalan yang menjual makanan dan pada tahun 2003 toko-toko yang menjual suvenir mulai menjamur kembali.

      Saat ini, jalanan utama Chinatown sangatlah ramai dikunjungi turis. Banyak barang-barang yang dijual seperti kerajinan tangan, barang-barang antik, baju, assesoris ataupun obat-obatan Cina. Tak ketinggalan kedai-kedai makanan berjejeran menghias sepanjang tempat ini. Pasar di Chinatown terlihat lebih hidup di waktu malam. Selama Tahun Baru Cina, pasar ini dipenuhi berbagai aktivitas seperti barongsai dan pertunjukan lain. Pernak-pernik dan dekorasi untuk tahun baru Cina ikut menyemarakkan pasar ini.

      Chinatown di Singapura sangatlah unik. Tempat ini bukan hanya eksklusif untuk etnis Cina aja. Terdapat etnis India dan orang Muslim yang hidup berdampingan di tempat ini. Hal ini dapat dilihat dari adanya Kuil India (seperti Sri Mariamman Temple), mesjid dan gereja yang dapat ditemukan di antara kuil-kuil Cina.

      Kuil besar yang dapat anda temukan di sini adalah Budha Tooth Relic Temple & Museum. Kuil yang memiliki 4 lantai ini selesai dibangun pada tahun 2007. Di aula utamanya terdapat patung Maitreya Buddha setinggi 27 kaki. Selain itu terdapat replica gigi Buddha Shakyamuni yang dapat ditemukan di lantai empat. Di atap, terdapat Pagoda 10.000 Buddha. Di belakang kuil ini dapat anda temui Chinatown Complex. Chinatown Complex merupakan pasar dua lantai dengan ditambah basement. Basement adalah tempat untuk menjual sayur mayur; lantai 1 digunakan untuk menjual aksesoris, baju dan pernak-pernik khas Cina; sementara lantai 2 adalah surganya makanan Cina yang murah meriah.

      Selain itu juga terdapat Chinatown Heritage Centre. Sebuah museum yang menghadirkan kepada kita kisah terbentuknya Chinatown.

    • TAGGED: