• Home » Articles » News
    • Durian Warna Warni : Bukan Durian Biasa
    • 10 years ago by Cuni Candrika
    • 2186 Hits
    • courtesy of

      Mungkin anda sudah terbiasa dengan durian yang berwarna putih kekuningan, tetapi durian yang berwarna lain? SendokGarpu akan mengulas durian yang warnanya tidak biasa.

      1. Durian merah

      Durian merah yang memiliki nama latin Durio Graveolens ini terdapat di Kutai, Kalimantan Timur. Buah dari durian ini berwarna merah darah. Buah ini hidup di hutan, ladang dan juga tepian sungai Mahakam. Daun durian ini sangatlah lebar. Hampir selebar telapak tangan orang dewasa. Buah ini tidaklah memabukkan karena kandungan alkoholnya relatif rendah. Selain di Kutai, terdapat pula durian merah yang tumbuh di Desa Kemiren Banyuwangi. Durian ini tumbuh di rumah salah seorang penduduk yang bernama Serad. Durian ini lebih manis dan gurih dibanding buah sejenis dan dipercaya bisa meningkatkan vitalitas pria. Tak hanya di dua tempat tersebut, durian merah juga hidup di Boyolali. Rasa durian ini lebih lembut dan manis dari durian biasanya.

      2. Durian kuning emas

      Durian ini disebut juga buah lai. Buah lai merupakan buah asli pulau Kalimantan, awalnya hanya tumbuh di pedalaman Kalimantan Tengah, namun sekarang sudah menyebar di hampir seluruh wilayah Kalimantan. Buah lai ini memiliki warna daging kuning emas. Buah lai memiliki ukuran sebesar dua kepal tangan orang dewasa. Aroma buah ini tidak setajam durian biasa tetapi rasanya lebih pekat.

      Wah, unik ya! Coba main ke tempat-tempat di atas jika ingin mencoba durian unik ini!

       

       

    • TAGGED: