• Home » Articles » News
    • 5 Jajanan Khas Bandung
    • 10 years ago by Cuni Candrika
    • 7841 Hits
    • courtesy of

      Serabi

      Terdapat berbagai jenis serabi di Indonesia, salah satu yang terkenal adalah serabi Bandung. Serabi merupakan jajanan khas yang bentuknya menyerupai pancake. Serabi Bandung terbuat dari tepung terigu, telur, air kelapa yang diaduk lalu dipanggang di cetakan kue serabi. Serabi ini biasanya dimakan dengan kuah kinca yang terbuat dari gula merah. Serabi Bandung dapat anda jumpai di gerobak maupun restoran di setiap penjuru kota Bandung. 

      Colenak

      Colenak yang merupakan kependekan dari dicocol enak ini merupakan makanan khas Bandung yang lain. Colenak terbuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Colenak cocok disantap dengan teh manis ataupun secangkir kopi. Salah satu colenak yang terkenal di bandung bernama Colenak Murdi Putra yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani no. 733. Harga satu porsi colenak di Murdi Putra yaitu Rp 6.000,- dengan isinya sebanyak 15 potong.

      Cimol

      Cimol adalah jajanan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari bahasa Sunda yaitu “aci digemol”, yang berarti tepung kanji dibuat bulat-bulat. Cara membuatnya sangat sederhana, yaitu tepung kanji dibuat bulat-bulat lalu digoreng. Setelah jadi, cimol pun diberi bumbu dengan beraneka varian rasa. Semula cimol hanya dibumbui dengan saus kacang, namun dalam perkembangannya terdapat pula bumbu keju, awam bawang, pizza pedas, barbeque, dan sebagainya. Dengan cara pembuatannya yang sederhana ini, tak heran banyak sekali pedagang yang menjual cimol di gerobak. Cimol paling enak disajikan pada saat hangat.

      Bandrek

      Bandrek merupakan minuman tradisional khas Sunda yang memiliki bahan dasar jahe dan gula merah. Susu juga dapat ditambahkan sesuai dengan selera masing-masing. Bandrek memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh. Kandungannya yang menghangatkan ini membuat bandrek cocok diminum saat malam hari ataupun saat hujan. Selain tersedia di warung atapun restoran, saat ini bandrek juga tersedia dalam bentuk sachet sehingga lebih mudah dan praktis dibawa ke mana saja. 

      Sekoteng

      Sekoteng adalah minuman yang terbuat dari jahe yang biasa dihidangkan pada saat panas. Bahan-bahan lain yang biasanya dicampurkan ke sekoteng adalah kacang hijau, kacang tanah, pacar cina, ataupun potongan roti. Sekoteng biasanya dijual keliling dengan menggunakan gerobak pikul. Satu sisi gerobak pikul digunakan untuk panci air jahe dan kompor sementara di sisi lain digunakan untuk tempat bahan campuran dan tempat menyediakan sekoteng. Sama seperti bandrek, sekoteng juga paling nikmat diminum pada saat malam hari ataupun pada saat hujan. Saat ini, banyak pula dijual sekoteng yang dingin dan menggunakan es. 

       

    • TAGGED: