• Home » Articles » Food
    • 3 Cara Membuat Cokelat Cair
    • 6 years ago by Ananda Putri Laras
    • 51423 Hits
    • temp

      courtesy of http://rozannegold.wordpress.com/2011/02/14/chocolate-oblivion-with-sun-dried-cherries/

      Banyak resep cake yang mewajibkan Anda menggunakan coklat cair. Cokelat cair bisa dihasilkan melalui 3 cara, yakni dipanaskan langsung, di stim (double boiler) atau menggunakan oven microwave. Anda juga dapat menggunakan salah satu metode ini ketika harus melelehkan cokelat dengan bahan lain, seperti mentega atau whippe cream.

      Untuk hasil terbaik, potonglah cokelat kasar-kasar, pilih salah satu dari metode berikut untuk mencairkan coklat Anda.

      1. Dipanaskan Langsung

      Metode ini yang paling mudah, Tempatkan potongan cokelat pada panci, panaskan menggunakan suhu rendah sambil terus diaduk hingga cokelat mencair. Angkatlah panci dan ratakan adonan cokelat yang telah dipanaskan tersebut.

      2. Double Boiler

      Metode ini membutuhkan waktu sedikit lebih lama daripada metode pertama yang bisa menghilangkan kandungan cokelat itu sendiri. Kali ini potongan cokelat tidak langsung dipanaskan di dalam panci, Anda memerlukan panci kedua, kedua panci tersebut disusun bertingkat di atas api. Panaskan air pada panci pertama, biarkan air yang mendidih tersebut melelehkan cokelat yang berada di panci atas. Aduk cokelat hingga meleleh.

      3. Microwave

      Tempatkan 6 ons cokelat cincang, atau potongan cokelat dalam mangkuk microwave-safe atau gelas ukur. Panaskah dengan suhu yang tinggi selama 1 1/2 sampai 2 menit atau sampai coklat cukup lunak, aduk setiap menit selama pemanasan.

      Apapun metode yang Anda gunakan, ingat tips ini:

      Pastikan semua peralatan benar-benar kering.  Jika alat dan wadah lembab, maka akan menyebabkan cokelat menjadi kaku. Jika ini terjadi, aduk dalam margarin 1/2 sampai 1 sendok teh ke dalam setiap ons cokelat.

    • TAGGED: 3 Cara Membuat Cokelat Cair, cara melelehkan cokelat,