• Home » Articles » News
    • Sensasi Kuliner Jepang Ala Dapur Iron Chef
    • 7 years ago by Ryan Pratama
    • 1713 Hits
    • courtesy of SendokGarpu.com

      Pecinta kuliner Jepang mungkin sudah tidak asing dengan "Iron Chef". Program tv milik Fuji Television Networks ini pernah tayang sekitar tahun 1993 sampai tahun 1999. Sukses mencetak chef-chef handal yang piawai meramu berbagai masakan, Iron Chef kini hadir di Plaza Senayan, Jakarta Selatan, dengan nama Dapur Iron Chef. Dapur Iron Chef menyajikan menu dari lima booth Jepang diantaranya Spoon Bread, Ramen Iroha, Dai-Tokyo Sakaba, Aloha Terrace, dan juga Sagami.

      Dari kelima booth tersebut, tim SendokGarpu.com berkesempatan untuk mencicipi masakan dari 2 booth, yaitu Ramen Iroha dan Dai Tokyo Sakaba. Pertama kali kami dihidangkan oleh masakan dari Dai Tokyo Sakaba. Ada 3 jenis masakan yang kami cicipi. Pertama adalah Fried Chicken Wing Spicy. Pedas, gurih, dan empuk. 3 kata itu yang ada dibenak kami ketika mencicipinya. Lalu ada lagi Fried Chicken Wing Soy Sauce. Yang satu ini lebih terasa manis dan gurih. Kemudian Yakitori, sate ayam dan juga sayuran ini salah satu favorit kami. Karena rasanya cukup “Indonesia”.

      Belum selesai dengan hidangan dari Dai Tokyo Sakaba, kami langsung disuguhkan dua mangkuk ramen dari booth Ramen Iroha. Mangkuk pertama berisi Tori Paitan Ramen. Citarasa cream soup cukup berasa di dalam kuah ramennya. Mie ramen pun cukup kenyal sehingga tidak mudah putus. Tori Paitan Ramen disajikan bersama dengan telur, chicken katsu, mushroom, dan juga paksoi. Mangkuk yang kedua berisi Toyama Black Soy Sauce. Kalau ramen yang satu ini citarasanya benar-benar "Jepang". Rasa soya pada kuahnya sangat kuat. Yang terakhir adalah Iron Chef Chen's Spicy Black Ramen. Ramen yang satu ini pedasnya menantang. Sesuai dengan selera orang Indonesia yang suka rasa pedas. Ramen ini dibuat khusus oleh Chef Chen. Chef Chen adalah chef "jebolan" Iron Chef.

      Menyantap makanan Jepang memang paling pas jika didampingi dengan ocha. Selain ocha, kami juga disuguhkan dengan minuman Yuzu Honey Lemon. Sesuai dengan namanya Yuzu, yang berarti kulit jeruk, di dalam minuman ini terdapat kulit jeruk yang dipotong-potong sehingga menghasilkan citarasa pahit. Namun bukan hanya pahit, rasa manis dan juga sodanya membuat segar tenggorokan setelah menyantap berbagai macam ramen tadi.

      Program Televisi "Iron Chef" sendiri akan hadir kembali setelah cukup lama tidak diproduksi. Kali ini Iron Chef hadir di Indonesia dan akan ditayangkan oleh Trans Corp.
    • TAGGED: Iron Chef, Plaza Senaya, Food Hall, Ramen, Jepang