• Home » Articles » News
    • Majalah Travel Club Gelar Travel Club Tourism Award 2011
    • 9 years ago by Cuni Candrika
    • 1444 Hits
    • courtesy of SendokGarpu

      Pariwisata merupakan salah satu ujung tombak perekonomian bangsa. Salah satu penghasil devisa terbesar negara adalah dari sektor ini. Oleh karena itulah, El John Publishing, sebagai penerbit majalah Travel Club, bermaksud menyelenggarakan Travel Club Tourism Award 2011. Bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, majalah yang sudah berdiri 20 tahun ini akan memberikan penghargaan kepada pemerintah yang secara berkelanjutan memberikan kontribusinya pada pembangunan kepariwisataan di wilayahnya masing-masing. Pemerintah di sini termasuk di dalamnya pemerintah provinsi (pemprov), pemerintah kota (pemkot), dan pemerintah kabupaten (pemkab).

      Sesuai data dari Kementerian Dalam Negeri, terdapat 526 Pemda, yang terdiri dari 33 Pemprov, 98 Pemkot dan 395 Pemkab. Dari jumlah tersebut, maka penghargaan ditetapkan juara 1, juara 2 dan juara 3 untuk tiga wilayah Indonesia yaitu : wilayah Indonesia Barat, wilayah Indonesia Tengah dan wilayah Indonesia Timur. Wilayah Indonesia Barat meliputi : Pulau Sumatera, Pulau Jawa dan Pulau Bali. Wilayah Indonesia Tengah meliputi : Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi dan Nusa Tenggara Barat. Wilayah Indonesia Timur meliputi : Nusa Tenggara Timur, Kepulauan Maluku dan Papua. 

      Adapun mekanisme lomba terdiri dari 2 tahap. Pertama, seleksi putaran I, yakni pendaftaran dan pengisian instrumen dengan kompilasi dan tabulasi data, dilakukan oleh kelompok kerja. Kedua, seleksi putaran II, verifikasi, klarifikasi melalui wawancara dan observasi. Tahap seleksi ini ditangani oleh dewan juri berkompeten dari Auditor Deloitte (perusahaan audit berbasis Inggris), serta tenaga ahli kepariwisataan dan kepemerintahan. Setelah melalui proses pemilihan yang panjang, pemenang akan diumumkan pada tanggal 24 September 2011. Sementara untuk aspek penilaian terdiri dari beberapa aspek yaitu aspek pembinaan tata pamong (good governance), aspek pengelolaan lingkungan pariwisata, aspek pengembangan industri kerakyatan (UKM Pariwisata), aspek pemberdayaan masyarakat dalam kepariwisataan dan aspek perkembangan ekonomi.

      Dengan diselenggarakannya Travel Club Tourism Award 2011, diharapkan mampu mendorong pemerintah daerah baik pemerintah provinsi (Pemprov), pemerintah kota (Pemkot) hingga pemerintah kabupaten (Pemkab) untuk terus memajukan kepariwisataan di daerahnya.

    • TAGGED: