• Home » Articles » News
    • Kampoeng Kite The Acacia Jakarta
    • 8 years ago by Cuni Candrika
    • 2040 Hits
    • courtesy of The Acacia Jakarta

      Untuk memeriahkan ulang tahun kota Jakarta ke-484 sekaligus 15 tahun The Acacia Jakarta, Manajemen The Acacia Jakarta mengadakan acara Launching KAMPOENG KITE yang diselenggarakan pada 31 Mei 2011 mulai pukul 17.00 WIB di lobi hotel dan Promenade Cafe The Acacia Jakarta. Acara ini dihadiri tamu kehormatan sekaligus meresmikan gelaran promosi Kampoeng Kite, bapak Iwan Syaefuddin SE,MM – Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata – mewakili Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta. Pada peresmiannya turut serta bapak H. Tatang Hidayat Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi, Bapak Juliawan – General Manager dan Ibu Lenni – Asst Director Of Sales The Acacia Jakarta. 

      Launching Kampoeng Kite diawali dengan sambutan yang yang disampaikan oleh bapak H. Tatang Hidayat – Ketua Umum yang mewakili Lembaga Kebudayaan Betawi, Bapak Iwan Syaefuddin SE, MM – Kepala Bidang Pembinaan Industri Pariwisata, mewakili Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta.  Di sela – sela sambutan langsung bapak H. Tatang Hidayat dan Dr. Arie Budhiman M. Si – Kepala Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta melalui pesannya yang disampaikan oleh Bapak Iwan Syaefuddin SE, MM keduanya merasa bahagia dan bangga serta memberikan apresiasi yang setinggi – tingginya terhadap hotel The Acacia Jakarta yang turut berpartisipasi membantu memperkenalkan dan melestarikan seni dan budaya Betawi melalui program Kampoeng Kite. Harapannya program seperti ini dapat diikuti oleh hotel - hotel lain di Jakarta. Bahkan secara khusus Ketua Umum Lembaga Kebudayaan Betawi menyerukan serta merekomendasikan hotel The Acacia Jakarta sebagai tempat berlibur bagi para warganya.

      Selanjutnya, para tamu hotel dan undangan disambut dengan tari – tarian Betawi Lenggang Nyai dan Topeng Gong. Ada atraksi pencak Silat ala Betawi aliran Sabeni. Atraksi ini gambaran singkat pada saat Bang Sabeni berlaga melawan pendekar asal Jepang. Pencak silat aliran Sabeni adalah ilmu bela diri yang dimiliki Bang Sabeni. Beliau adalah  salah satu tokoh Jagoan Betawi yang disegani oleh masyarakat pada masanya dari Tanah Abang.

      Yang unik jelang peresmiannya terdapat ceremonial bapak Juliawan dengan mengenakan kostum Demang dan Ibu Lenni Apriyanti Assistant Director of Sales The Acacia Jakarta mengenakan kostum kebaya encim  naik delman  keliling lobi hotel didampingi Abang dan None The Acacia Jakarta. Delman adalah salah satu kendaraan tradisional yang unik. Keberadaanya semakin langka, kini hanya dijumpai di beberapa tempat – tempat obyek wisata, seperti Monas dan Ancol. Abang dan None yang mengiringinya membagikan jajanan Betawi kepada para tamu hotel yang masuk lobi.

      Peresmiannya ditandai dengan pemecahan Kerak Telor pertama dan Gunting Pita di gerbang Promenade Café The Acacia Jakarta, sekaligus pembukaan prasmanan Betawi Kampoeng Kite pertama.didampingi ibu Lenni, bapak H. Tatang Hidayat dan bapak Juliawan. Setelah prosesi tersebut, maka gelaran promosi Kampoeng Kite seperti, Go Jakarte paket promosi kamar jelang liburan, ulang tahun Kota Jakarta ke-484, dan The Acacia Jakarta ke-15, Gang Senggol adalah promosi masakan Betawi yang di sediakan secara prasmanan, Waroeng Gaul adalah promosi Batavia Station Hi-Tea Buffet dan mocktail of the month Jali – Jali, Pameran Photo dan Handicraft Kampoeng Kite resmi dibuka. Untuk merayakan ulang tahun The Acacia Jakarta ke-15 ini, secara khusus pada tanggal 21 juni nanti di semua outlet ada diskon 15% semua item kecuali banquet dan minuman alkohol. Selain itu sejumlah kegiatan bakti sosial akan digelar, mulai Fun Bike, Cooking Class, Syukuran Bersama Warga, Pengobatan Gratis untuk warga sekitar hotel, Donor Darah hingga Family Gathering yang akan digelar mulai pertengahan Juni ini secara bertahap.

      Kampoeng Kite adalah salah satu bentuk apresiasi dan upaya melestarikan seni dan budaya Betawi yang di realisasikan dalam gelaran promosi Kampoeng Kite. Dengan mengambil konsep suasana perkampungan Betawi yang dihadirkan melalui riasan hotel dan outlet – outletnya dilengkapi dengan gelaran promosi masakan dan jajanan khas Betawi, pernak – pernik betawi serta menampilkan seni dan budaya Betawi.  Nuansa Betawi tergambar dalam dekorasi restauran dan hotel, nampak dengan hadirnya ondel – ondel di depan pintu masuk, Promenade Cafe dirias dengan pernak – pernik hiasan kembang kelape ala Betawi dan miniature Abang dan None yang terbuat dari mentega,  pameran lukisan photo – photo Jakarta dan kerajinan tangan, musik, serta mendatangkan langsung pedagang jajanan Betawi. Acara ini bertujuan untuk menyambut dan merayakan ulang tahun Jakarta yang ke 484 sekaligus merayakan ulang tahun The Acacia Jakarta yang ke-15. Semarak Kampoeng Kite didukung oleh Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta, Lembaga Kebudayaan Betawi, Sanggar Kuliner Betawi dan para Media.

      Kampoeng Kite diresmikan oleh bapak Iwan Syaefuddin SE,MM, disaksikan oleh manajemen dan staff The Acacia Jakarta, tamu hotel dan undangan, tim Lembaga Kebuyaan Betawi dan Sanggar Kuliner Betawi serta Media. Ramah tamah jamuan makan malam para tamu undangan dan Media membaur dalam suasana kehangatan dan keakraban sambil mencicipi aneka masakan dan jajanan Betawi. Secara khusus mereka dimanjakan dengan hidangan resto bercita rasa Betawi. Juga mendatangkan secara langsung pedagang kerak telor dan toge goreng dari Sanggar Kuliner Betawi. 

      Awal hotel ini berdiri sejak 21 Juni 1996, dikelola langsung oleh PT.Guntur Madu Tama, hingga kini hotel ini dikenal dengan nama The Acacia Jakarta. The Acacia Jakarta masuk sebagai  hotel pilihan untuk bisnis maupun liburan oleh kalangan pebisnis maupun wisatawan. Menawarkan kenyamanan dan pelayanan staff hotel yang hangat dan ramah. ”Apapun yang anda butuhkan mintalah pada kami”. Itu adalah motto yang dimilikinya. Acacia dipetik dari sebuah nama pohon yang besar, tumbuh dan hidup tahan lama yang mengandung makna keabadian. Sedangkan rangkaian daun yang membentuk sebuah lingkaran pada logonya merupakan simbol kekompakan sebuah tim dalam menjalankan visi dan misinya. 

    • TAGGED: