• Home » Articles » News
    • Orient8: Restoran Pan-Asian yang Mewah Bergaya Avant Garde
    • 10 years ago by s.tjia
    • 3911 Hits
    • courtesy of Hotel Mulia Senayan

      Jakarta, November 2009 - Setelah dengan bangga mendapatkan penghargaan internasional pada ajang TTG Travel Awards 2009 secara dua tahun berturut-turut dengan kategori yang sama, yakni: "The Best City Hotel in Jakarta", Hotel Mulia Senayan terus meningkatkan fasilitas hotel dengan meluncurkan satu lagi outlet makanan yaitu Orient8, yang merupakan sebuah restoran yang menjanjikan sensasi di arena restoran-restoran mewah di Jakarta.

      Orient8 adalah sebuah restoran Pan-Asian yang menyajikan makanan dari berbagai kawasan Asia, seperti Thailand, Vietnam dan Singapura. Terdapat pula hidangan Prancis, yang diambil dari pengaruh sejarah, budaya dan kuliner Vietnam. Setiap rasa kuliner yang otentik disajikan secara apik dan sesuai dengan konsep desain restoran secara keseluruhan, yakni era kolonial Prancis yang 'homey' (rumahan) dan 'cozy' (nyaman), tetapi tetap elegan. Para tamu akan merasa bagaikan bersantap di rumah sendiri. Pilihan menu dan rasa mengingatkan pada masakan rumahan pula.

      Tim kreatif Mulia bekerja sama dengan firma desain interior dari AS yang terkenal, Wilson Associates, memilih tema kolonial Prancis dan meleburnya dengan elemen-elemen era Indocina, dan menghasilkan suatu karakter desain unik yang pastinya akan membuat sensasi.

      Mulai dari inspirasi era kolonial Prancis yang kuat pada struktur dindingnya hingga patung-patung Buddha kontemporer, potret-potret unik Mao Tze Dong yang terpanjang hingga lukisan Napoleon dengan kacamata hitam, dekor yang menampilkan humor segar ini merupakan sesuatu yang unik di Jakarta. Perkawinan antar banyak elemen rasa, budaya, dan desain ini, akan memberikan pengunjungnya berupa suatu perjalanan ke era modernisasi.

      Sedangkan perabotnya terinspirasi oleh desain 'haute' Prancis klasik yang khas dan di cat dengan tangan dan/atau dikemas dengan tekstil bermotif Chinoiserie yang mewah, guna beradaptasi dengan segala perkawinan kultur dan dekor di Orient8. Penggunaan cerdik pernak-pernik desain dengan proporsi ukuran "super size", juga pencahayaan kontras yang diciptakan dari sederet chandelier mewah.

      Selain mempunyai Dining Area yang luas, ruang makan lainnya pun dibagi-bagi sesuai dengan tema dan konsep dining yang unik, sebut saja Buddha Wall, di area makan ini tersusun rapi berbagai macma pernik Buddha di sepanjang dinding. Dengan terdapatnya sofa yang bergaya Victoria, suasana makan ala Eropa dan Asian menjadi sanat berkesan. Selain itu terdapat Louis Suite yaitu ruang VIP yang dapat diisi oleh 20 orang dengan interior yang 'Avant Garde' tetapi dengan sentuhan modern dengan deretan tataan lampu kap terbalik yang dipajang lurus di atas sepanjang meja makan dari atas. Marie Suite VIP room yang sedikit berbeda dengan Louis Suite, karena didesain sangat elegan dan romantis, dan yang terakhir adalah Coco Suite yang dapat memuat 50 orang dengan bergaya klasik dihiaskan kursi-kursi yang asli dari Velvet Chanel, koran-koran tua asli Prancis dan yang tak ketinggalan adalah pemandangan air terjun dari luar di jendela yang sangat indah.

      Elemen-elemen lainnya terlihat pada sketsa-sketsa mode dan sederer koleksi barang antik asal Prancis, seperti; koper-koper kuno yang disebut "malles", juga sebuah open-kitchen khusus Bakmie yang didesain dengan gaya arsitektur Prancis dengan penambahan detail yang bersifat Asia seperti; lukisan-lukisan pembuat mie yang terinspirasi dari potret-potret asli, juga peralatan makan mie yang orisinil. Semuanya didukung kuat oleh potret-potret para penguasa terkenal di Prancis, didistorsikan seakan sedang makan Bakmie. Pilihan Hong Kong Noodle, Flat Noodle, serta Glass Noodle ditambah bermacam topping noodle yang Anda bisa pilih dan kreasikan sendiri dapat membuat kreasi bakmie yang Anda inginkan. Pilihan kuah bakmie yang terkenal seperti Tom Yum dari Thailand dan Beef Pho dari Vietnam menjadi pilihan Anda berikutnya untuk menciptakan bakmie sesuai dengan selera Anda.

      Makanan disajikan dengan porsi perseroangan, secara set menu atau yang disini disebut 'degustation', memberi kesempatan para tamu untuk menciptakan menu pilihan pribadi, sambil mendapat suasana makan yang dinamis. Makanan tampil cantik pada piring-piring berukuran kecil dan tersaji pada nampan-nampan apik, keduanya didesain eksklusif untuk Orient8. Terdiri dari berbagai pilihan menu degustation berupa "8 From Orient8" yang menyajikan makanan dalam 8 courses menu, lalu terdapat "Orient Fiesta" yang terdiri dari 12 courses, dan yang terakhir adalah "Marie", "Louis XIV", dan "Napoleon" yang terdiri dari 14 courses menu.

      Bila ingin memesan menu ala carte, cobalah memesan Vietnamese Pancake yang merupakan pancake gurih dengan kepiting di dalamnya, Spicy Garden Mango Salad yangr asanya segar dan pedas, Foei Gras Burger yang sangat khas akan Prancis, Chicken Masaman Curry dengan bumbu khasnya, dan tak ketinggalan Crab Claw Curry Served with Bread.

      Selain itu, Orient8 juga menawarkan berbagai macam jenis keju dari Goat Cheese, Cow Cheese, hingga Sheep Cheese, yang terangkum sampai berjumlah 32 macam di Orient8, keju yang dapat dipilih ketika bersantap di sini, bila memilih paket all you can eat pada Sunday Brunch, pilihan keju yang bermacam-macam ini akan termasuk ke dalam menu all you can eat Anda. Sangat menarik bukan?

      Mencicipi hangat-hangat Vietnamese Coffee juga bisa dijadikan teman dalam mencicipi hidangan di Orient8. Jangan lupa juga mencoba mocktails andalan Orient8, Passion8 yang rasanya sangat segar dan eksotik, dan sederetan hidangan pencuci mulut lainnya yang unik dan nikmat, sebut saja Coconut Jelly, Chocoloate Mousse, Various Pralines dan masih banyak lagi.

      Orient8 sangatlah tidak konvensional, tak terduga dan akan menjadi trend setter dengan dekor inovatif dan detil-detil yang sangat atentif. Orient8 memberikan setiap pengunjungnya suatu dimensi yang jauh dari realita keseharian yang 'membosankan'.

    • TAGGED: Orient8, Hotel Mulia, Senayan, Asia, Thailand, Vietnam, Singapura