• Home » Articles » Meet-the-chef
    • Heriyanto, Cooking Is Part Of My Life
    • 6 years ago by Ryan Pratama
    • 4040 Hits
    • temp

      courtesy of SendokGarpu.com

      Sudah berkarir menjadi Chef lebih dari 25 tahun, Heriyanto kini bisa menikmati kerja kerasnya dengan berada di puncak karir sebagai Executive Chef di Hotel Millennium Jakarta. Chef Heriyanto mengawali pendidikan di bidang kuliner di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta.
      "Awal pendidikan saya di bidang kuliner di mulai di Trisakti. Saat itu saya mengambil D1 sebagai juru masak", terang Chef Heri.

      Setelah selesai dengan pendidikan D1, Chef Heri sadar bahwa kemampuannya saat itu tentu belum dapat menunjang cita-citanya menjadi seorang chef profesional. Akhirnya pendidikan D3 di Universitas Malang dijalani Chef Heri sebagai upaya untuk meng-upgrade kemampuannya. Selesai menimba ilmu di Malang, Chef Heri lalu bekerja di sebuah kapal pesiar mewah bernama Costa. Bekerja selama 4 tahun di kapal pesiar ini, Chef Heri mendapatkan banyak ilmu tentang masakan italia.

      Setelah bekerja di Kapal Pesiar Costa, Chef Heri kemudian kembali ke Indonesia dan bekerja di beberapa hotel bintang 5. Tak lama kemudian Chef Heri melanjutkan jejak karirnya di daerah Timur Tengah. Hotel Kempinski Timur Tengah menjadi jejak karir berikutnya. Selama 1,5 tahun Chef Heri bekerja di sana. Ia kemudian kembali lagi ke Indonesia pada sekitar tahun 1999 dan bekerja di Hotel Arya Duta Lippo Karawaci. Di sinilah pertama kali Chef Heri menduduki posisi sebagai Executive Chef.

      "Cooking is part of my life, memasak itu bukan lagi sebagai pekerjaan saya, tetapi sudah menjadi bagian hidup yang tidak bisa dipisahkan dari saya", tukas Chef yang pernah bekerja di Darmawangsa Hotel sebagai Co Executive Chef ini.

      Pengalaman masa kecil Chef Heri yang sering diajak orangtua makan di hotel, membawa Chef Heri bertemu dengan sosok seorang chef. Terpukau dengan seragam putih dan topi ala chef membuat Heri kecil terpacu untuk menjadi seorang chef.

      Ada satu pengalaman yang tak akan terlupakan oleh Chef Heri saat berada di Amerika Latin. Pendidikan kuliner yang memang selalu berkiblat pada masakan eropa, membuat Chef Heri lebih hafal masakan eropa ketimbang masakan Indonesia. Pada saat itulah Chef Heri menyadari bahwa ada yang terlupakan dari seluruh kemampuan memasaknya, yaitu menguasai masakan negerinya sendiri Indonesia. Dari kejadian itulah, Chef Heri kemudian mengasah kemampuannya untuk memasak masakan Indonesia.
    • TAGGED: Executive Chef, Hotel Millennium, Jakarta, Inspirasi, Karir