• Home » Articles » Inspiration
    • Bagi Jamal, Bidang F&B Penuh Tantangan
    • 6 years ago by Ananda Putri Laras
    • 3119 Hits
    • temp

      courtesy of SendokGarpu.com

      Berlatar belakang perbankan tidak membuat Jamaludin berhenti petualang untuk mencari karir yang tepat. Jamal, sapaan akrabnya, sudah hampir 9 tahun berkecimpung di dunia F&B.

      “Banyak tantangan di dunia F&B, terlebih ketika pembangunan semakin modern. Kompetitor menjamur dimana-dimana, mereka yang berkecimpung di dunia F&B harus memutar otak untuk bertahan dan melahirkan inovasi baru,” ucap Jamaludin yang kini menjabat posisi Food and Beverage Manager Aston Pluit Hotel.

      Tentu jenjang karir Jamal bertahap dan melalui banyak hal menarik. Berkat bekal pendidikan yang ia dapat di Tourism Academy APJ Jakarta, Jamal menekuni profesi Bartender dan telah terlatih meracik minuman di kapal-kapal pesiar, beberapa kompetisi Bartender pun sempat diikutinya.

      Ketika mengemas sebuah outlet F&B, baginya, rasa adalah yang utama. Ini adalah konsistensi dasar, setelah itu barulah bersaing harga dengan kompetitor. Jamal juga menambahkan, outlet F&B di hotelhotel memang sudah memiliki target sendiri, yakni tamu hotel. Tinggal mencari cara seapik mungkin untuk mengemas outlet sehingga tamu-tamu hotel ingin selalu menikmati hidangan di dalam hotel, tidak makan di tempat lain.

      "Saya selalu mengutamakan kualitas hidangan breakfast, karena mayoritas tamu hotel menikmati sarapan di dalam hotel. Ketika mereka memiliki kesan yang baik terhadap menu breakfast kami, disitulah ada kesempatan untuk menarik tamu kembali pada saat lunch dan dinner," lanjut pria asli Betawi yang lahir pada 30 Juni 1972 ini.

    • TAGGED: inspirasi, tokoh f&b, aston pluit hotel, jamaludin aston pluit hotel