• Home » Articles » Inspiration
    • Aga, Barista Muda Berbakat
    • 6 years ago by Ryan Pratama
    • 5808 Hits
    • temp

      courtesy of SendokGarpu.com

      Profesi pengolah kopi ini semakin populer sebagai pilihan karir anak muda. Menyajikan sebuah kopi ternyata tak hanya sebatas pekerjaan kasar, tetapi sekarang menyajikan secangkir kopi juga harus memiliki unsur seni. Ya, kebanyakan orang tidak tahu bahwa menyajikan secangkir kopi itu membutuhkan proses  yang cukup rumit (kecuali kopi kemasan).

      Hal inilah yang sekarang dijalani oleh seorang pemuda berusia 22 tahun, Muhammad Aga. Aga, sapaan akrabnya, memulai karirnya sebagai seorang barista pada tahun 2009. Waktu itu ia mendapatkan kesempatan untuk menjadi seorang barista di Dante Coffee. Setahun setelahnya ia kemudian memutuskan hijrah ke Cho Coffee Cart. Di sinilah Aga mulai bersinggungan dengan mesin pembuat kopi semi automatic. Tak lama bekerja sebagai barista di sana, Aga kembali hijrah ke sebuah coffee shop bernama Mrs. Field Cookies & Coffee. Dari ke-3 tempat inilah minat Aga terhadap kopi semakin meningkat. Tak lama kemudian ia mendapatkan tawaran menjadi barista di Getback Coffee. Di sinilah kemampuannya semakin terasah.

      Pada Juni 2012, Aga mengikuti Latte Art Competition dan berhasil mendapatkan juara 1. Kemudian pada 22 Maret 2013 yang lalu, Aga baru saja memenangkan Indonesia Barista Competition regional Jakarta. Dari situ, Aga melaju ke final dan berhasil berada di peringkat 5.

      Dari seluruh pencapaiannya saat ini, ternyata Aga masih mempunyai ambisi untuk mengikuti World Barista Championship. Untuk mengikuti kompetisi tersebut, Aga harus menjadi jawara di Indonesia Barista Competition. Buat Anda yang penasaran dengan racikan kopi dari tangan Aga, silahkan datang saja ke Getback Coffee di Rukomas Duta Fatmawati (sebelah ITC Fatmawati) Blok B2 No. 12.

    • TAGGED: Aga, Barista, Kopi, Kompetisi, Indonesia Barista Competition, World Barista Championship, Juara, Espresso, Getback Coffee