• Home » Articles » Food
    • Mencoba Cita Rasa Menu India di Keraton at the Plaza
    • 3 years ago by Andreas S. P.
    • 645 Hits
    • courtesy of Andreas S. P.

      Selain dikenal sebagai salah satu negara yang eksotis, India juga memiliki predikat sebagai salah satu tempat tujuan kuliner bagi para pelancong di seluruh dunia. Santapan yang kaya akan bumbu, adalah salah satu ciri khas yang tidak hanya akan menggelitik lidah, tetapi juga akan menggoda indera penciuman. Ramuan rempah-rempah yang unik akan memberikan sebuah pengalaman baru kepada siapa pun yang mencobanya.

      Ketika SendokGarpu hadir langsung di Keraton at The Plaza, Jl. MH.Thamrin Kav.15, Jakarta, hal tersebut terbukti sepenuhnya. Bertempat di Bengawan Restaurant, SendokGarpu diperkenalkan kepada Chef Narayan Salunke yang berasal dari  Westin Pune Koreagaon Park India. Setelah berbincang sebentar, acara akhirnya dimulai.

      Hidangan pembuka pun akhirnya hadir. Chef Narayan menyajikan sebuah minuman unik yang dibuat oleh tangannya sendiri. Disebut unik, karena minuman berwarna pink tersebut dibuat dari bahan-bahan yang “ajaib”, salah satunya adalah parutan kulit mangga kering yang menghasilkan sensasi rasa yang kuat di lidah. Minuman tersebut berhasil menarik minat SendokGarpu dan kian meningkatkan selera makan.

      Tak lama, menu bernama Dastaane E-kumbh tawa pun hadir. Disajikan di sebuah piring putih memanjang, di depan SendokGarpu telah tersedia potongan-potongan kecil jamur yang telah di-grill dan ditutup oleh Tandoori masala, sebuah tampilan yang amat menggoda, terutama karena ada keju yang meleleh di atasnya. Penampilan yang menarik juga berhasil menggambarkan rasanya yang luar biasa. Rasa keju dan jamur panggang terasa amat mendominasi, namun keduanya berhasil diimbangi oleh cita rasa tradisional khas India.

      Usai hidangan pembuka pertama, hadirlah yang kedua. Peshawari murgh tikka, lima potong daging ayam tanpa tulang yang dibalut dengan bumbu asli India. Aroma wangi khas masakan India yang berada di atas daging-daging ayam tersebut terasa lumer di dalam mulut dan kembali meningkatkan selera makan yang memang telah meninggi, membuat SendokGarpu semakin tak sabar untuk segera mencicipi main course.

      Tak perlu menunggu terlalu lama, tiba saatnya untuk menikmat hidangan utama. Secara personal, Chef Narayan mengantar SendokGarpu untuk mengambil menu-menu masakan satu per satu. Dimulai dengan mengambil Paratha yang diolah hingga kering, Butter Chicken (ayam tandoori yang diolah bersama rich tomato fondue, dan white butter), dan diakhiri Patiala Shahi ghost (daging domba yang telah diasinkan dan diolah dengan saus kari coklat, serta bumbu-bumbu khas India).

      Setelah menyantap menu utama, tentu saja tak lengkap bila kita tidak menutupnya dengan dessert menu. Chef Narayan kembali datang dengan membawa sebuah gelas champagne. Di dalamnya berisi sebuah minuman yang dicampur dengan beragam jelly dan buah-buahan yang dipotong kecil-kecil. Chef Narayan menamai menu terakhirnya tersebut Kulfi falooda, amat mirip dengan es campur ala Indonesia.

      Penasaran ingin membuktikan kelezatan menu-menu makanan di atas? Segera kunjungi Bengawan Restaurant di Keraton at the Plaza, Jl. MH. Thamrin Kav 15, Jakarta. Menu ini hanya bisa Anda nikmati mulai tanggal 4 hingga 7 Juni 2015. Jadi, tunggu apa lagi?

    • TAGGED: Keraton at the Plaza, Food, Chef Narayan, Jakarta, Bengawan Restaurant