• Home » Articles » Food
    • Sri Lankan Food & Cultural Festival di The Sultan Hotel & Residence Jakarta
    • 5 years ago by Arli Wijaya
    • 1077 Hits
    • courtesy of SendokGarpu.com

      Resmi dibuka oleh Bapak I Nyoman Sarya, General Manager The Sultan Hotel & Residence Jakarta pada tanggal 4 Februari 2015 dalam acara konferensi pers yang dihadiri oleh Mihin Lanka Air, perusahaan penerbangan Sri Lanka sebagai rekanan resmi ajang ini dan didukung oleh Dilmah Tea dan LSR Hotel Sri Lanka.

      Unggul dengan berbagai kreasi makanan yang kaya akan rempah, menjadikan The Sultan Hotel & Residence Jakarta memilih Sri Lanka sebagai negara tema ajang festival makanan dan kebudayaan kali ini. Cita rasanya pun dijaga keotentikannya dengan menghadirkan Chef Bisma yang didatangkan langsung dari kampung halamannya, Sri Lanka. Di tangan beliau nantinya akan muncul racikan bumbu dan rempah yang pastinya sangat khas ala Sri Lanka namun tetap sesuai dengan selera para tamu hotel domestik maupun internasional.

      Sajian pertama, Roasted Beef with Tamarind Sauce, merupakan daging tenderloin yang dimarinasi dengan saus tamarin dan disajikan dengan nasi Saffron (khas Sri Lanka) serta dilengkapi dengan Brinjal Molju - tumis sayur terung dan paprika hijau dengan bumbu mango chutney dan vinegar.

      Berikutnya ada Chicken Rice and Curry, yaitu hidangan ayam bersama Nasi Saffron dengan pelengkap Red Dhal Curry - lentil merah dimasak dengan santan, kunyit, bubuk dan daun kari; Seeni Sambol-bawang, cabe tumbuk, dan tamarin; Maldives Fish Sambol– cabai, bawang, ikan maldives dan jeruk limau; serta Papadam – kerupuk berempah dengan biji wijen.

      Terakhir ada Fish Ambulthial, yakni makanan tradisional berbahan dasar ikan tuna merah disajikan dengan Nasi Saffron dengan pelengkap kari sayuran, nangka muda yang dimasak dengan vinegar dan mustard serta Maldives Fish Sambol.

      Selain makanan berat, Sri Lanka juga sangat terkenal dengan makanan ringannya yaitu ‘Hoppers’. Sajian satu ini merupakan pancake khas Sri Lanka. Adonan dibuat dari tepung beras yang sudah difermentasikan, santan, air kelapa, dan sedikit gula.

    • TAGGED: Sri Lankan Food & Cultural Festival, The Sultan Hotel & Residence, Hotel, Jakarta