• Home » Articles » Food
    • Rumate, Tempat Asyik Menghabiskan Waktu Sambil Menikmati Teh
    • 7 years ago by Ananda Putri Laras
    • 5493 Hits
    • courtesy of SendokGarpu.com

      Agak sulit memang mencari kedai teh di tengah-tengah jantung Ibukota. Mungkin teh menjadi minuman favorite yang terlupakan, ketika kedai atau coffee shop menjamur dan hampir ditemukan di setiap sela kota Jakarta.

      Rumate adalah jawaban bagi para pecinta teh. Dirangkai dari kata ‘Rumah’ dan ‘Teh’, kedai ini lahir tepat pada HUT Jakarta ke 486, 22 Juni 2013 lalu. Rumate tercetus berkat ide Bondan Winarno, yang juga pemilik Kopi Oey. Rumate juga masih berada di bawah bendera PT Kopitiam Oey Indonesia.

      Atmosfer tahun 50-70an coba ditawarkan disini, di sepanjang dinding dipajang poster-poster bintang film yang sempat ngehits pada era tersebut, seperti Marilyn Monroe, Audrey Hepburn, dan Brigitte Bardot. Jika jeli, pengunjung akan melihat nama-nama sutradara/artis yang dituliskan pada kursi, suondtrack film-film jaman dulu pun diputar untuk memperkental ambience masa lalu.

      Mengusung konsep kedai teh, pastinya menu teh yang akan memanjakan pengunjung. Rumate dengan bangga mempersembahkan sajian teh lokal yang berkualitas, dan tentunya kaya khasiat bagi kesehatan tubuh.

      Tidak hanya itu, Rumate juga perkenalkan menu-menu teh baru yang begitu unik, Teh Rosella-Tajin misalnya, terbuat dari kelopak Bunga Rosella yang diramu dengan air tajin (air beras). Ada juga Teh Telur Bukittinggi khas Sumatera Barat, hasil campuran teh dengan telur ayam kampung yang dapat meningkatkan stamina tubuh.

      “Untuk mencegah penyakit flu, Rumate juga meracik menu teh sendiri, yaitu ‘Teh Anti-Flu’. Rempah-rempah seperti serai, jahe, serta daun jeruk nipis diambil sarinya dan diseduh panas. Teh adalah istilah untuk minuman yang dihasilkan dengan cara menyeduh, oleh karenanya, kami menyebut ramuan ini sebagai teh,” jelas Taufik, chef Rumate.

      Menu racikan lain khas Rumate yang dapat dinikmati adalah ‘Teh Beras Merah’, diseduh dari sari beras merah. Teh ini memiliki kandungan antioksidan, yang berfungsi membersihkan tubuh dari radikal bebas. Selain itu, Rumate juga memiliki Teh Tariek Melaka, Teh Daun Mint, Teh Jahe Goalpara dan beberapa minuman lain non-teh seperti Kopi Tetes Vietnam, Es Cingcao Jahe, Es Kopi Cingcao dan Milo Dino.

      Selain menjadi tempat kumpul yang asyik untuk minum teh, Rumate juga akan mengisi perut Anda dengan menu-menu khasnya. Mie Telor Ragout Sapi Pedas paling direkomendasikan disini, ditawarkan juga Nasi Ulam, Nasi Item Bantul, Nasi Bakar Cakalang Pampis, Nasi Bejo, Salad Nicoise, Rendang Bulek Payakumbuh, Swedish Meatballs dan Bihun Kari.

      Spesial kudapan, mari cicip Singkong Rica Roa, Lumpia, Banana Flambe, Kroket Belanda, Roti Bakar Srikaya dan Ketan Bumbu.

      Mau coba menghabiskan hari berkumpul bersama teman sambil minum teh? Raihlah Rumate, tepatnya di Jalan H Agus Salim 18, Menteng, Jakarta Pusat. Kedai teh ini buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00-22.00. Semua menu di Rumate dibandrol mulai harga Rp.5.000-Rp.35.000. Yang lebih menarik, dalam rangka grand opening, Rumate menyediakan diskon 50% untuk semua minuman jika Food Lovers berkunjung sekarang juga hingga bulan Juli mendatang.

    • TAGGED: rumate, rumah teh, kedai teh, tea shop, bondan winarno