• Home » Articles » Food
    • 5 Macam Sate yang Unik Khas Nusantara
    • 7 years ago by Ananda Putri Laras
    • 5184 Hits
    • temp

      courtesy of SendokGarpu.com

      Apa sate favorite Food Lovers? Sate ayam, sate kambing, sate padang, ataukah sate jenis yang lain? Kalau Food Lovers bosan dengan menu sate yang itu-itu saja, SendokGarpu.com punya rekomendasi sate-sate unik patut dijajal.

      Bahan yang tidak biasa, kadang memberi sugesti kita untuk menjauhi makanan tersebut. Tapi variasi kuliner Indonesia ini adalah suatu kekhasan yang tidak dimiliki negara lain, jadi jangan takut untuk mencoba sate-sate yang unik ini.

      Sate Tahu

      Tidak selalu dengan daging, bahkan sate juga bisa dirangkai dari makanan yang murah meriah. Layaknya sate pada umumnya, Sate Tahu juga dipanggang di atas arang. Bumbu yang digunakan juga tidak jauh dari bumbu kecap, ataupun bumbu kacang. Yang membuat Sate Tahu unggul adalah teksturnya, kulitnya gurih dan garing, namun daging dalamnya sangat lembut memanjakan lidah.

      Sate Jamur

      Lahir di Jogja, budidaya jamur tiram meningkat tajam, berkembang seiring meningkatnya variasi masakan dengan jamur tiram. Rupa dari Sate Jamur Tiram ini tidak berbeda jauh dengan sate daging pada umumnya, hanya saja lebih ramping. Jamur tiram memang pas diaplikasikan ke berbagai jenis makanan. Pada pembuatan sate ini, jamur tiram terlebih dahulu dipotong-potong panjang, dikukus asal layu, kemudian disusun pada tusuk sate.

      Khawatir mengkonsumsi jamur? Hindari hal tersebut, Sate Jamur Tiram merupakan salah satu varian makanan sehat yang banyak digemari orang saat ini. Jamur tiram adalah jenis jamur yang tidak memiliki kadar racun berbahaya dan aman untuk di konsumsi.

      Sate Tulang

      Terdengar agak aneh jika membayangkan tulang-tulang yang keras dipadukan menjadi sate. Makanan ini khas Banjarmasin, terbuat dari tulang punggung ayam yang diolah sedemikian rupa. Bumbu Sate Tulang Banjarmasin lebih menonjolkan rasa manis tomat, namun bisa juga divariasikan dengan bumbu rempahrempah dan kecap. Sate tulang lebih sedap karena isi ayam dan rempahnya lebih mudah melekat di celah-celah tulang.

      Sate Lilit

      Merupakan hidangan terkenal di Bali, istimewanya, tusuk sate dibuat dari batang serai yang menambah keharuman aromanya. Sate Lilit dibuat dari daging ikan cincang yang dililit pada batang serai tersebut, enak juga jika disantap dengan kuah kacang dan juga perahan limau nipis. Seperti yang kita ketahui, ikan kaya akan protein, maka Sate Lilit ini sangat menyehatkan.

      Sate Kuda 

      Bagi yang mengidap penyakit asma maupun diabetes, Sate Kuda adalah pilihan sate yang membantu meringankan penyakit tersebut. Selain itu, Sate Kuda juga meningkatkan vitalitas kejantanan kaum pria. Sate Kuda banyak ditemukan di Yogyakarta, tidak sembarangan dalam mengolah daging kuda. Supaya daging kuda tidak alot, daging terlebih dahulu ditusuk-tusuk dan diberi pelapis daun pepaya,

    • TAGGED: sate unik, sate indonesia, kuliner indonesia,