• Home » Articles » Food
    • Yuk, Jajal Nasi Versi Maroko!
    • 7 years ago by Ananda Putri Laras
    • 3735 Hits
    • temp

      courtesy of http://www.egglesscooking.com/2009/06/12/moroccan-couscous/

      Maroko, sebuah negara antik dengan budaya dan seni yang menarik. Gurun pasir dan bangunanbangunan bersejarah di dalamnya adalah potensi wisata. Mengarah soal kulinernya, kalau Indonesia memiliki nasi sebagai makanan pokok, negara di Timur Tengah ini juga memiliki ciri khas tersendiri.

      Perkenalkan Couscous, butiran yang lebih kecil dari nasi dan telah populer sebagai pengganti spagethi dan pasta bagi wisatawan Barat. Teksturnya lembut dan memang terasa hambar, namun kelebihannya, Couscous dengan mudah menyerap rasa dari bahan makanan lain. Couscous berasal dari tepung Semolina, yakni tepung yang digunakan untuk membuat pasta, makanan ini pun kerap kali digunakan pada menu diet.

      Tepung Semolina dibuat khusus dari kulit bulir gandum yang keras, warnanya kuning muda dan berbutir-butir. Agak berbeda dengan pembuatan Pasta, untuk menghasilkan Couscous, air yang digunakan harus lebih banyak. Campurkan telur, kemudian gosoSemolina dengan tangan yang basah, lakukan terus hingga Semolina berubah menjadi butiran-butiran kecil. Prosesnya pembuatannya membutuhkan sentuhan ringan, jangan sampai butir-butir menjadi lengket.

      Proses ini ternyata adalah salah satu bentuk yang paling sederhana untuk membuat pasta dan salah satu cara yang dipraktekkan di desa-desa di sekitar Mediterania. Setelah butir Couscous terbentuk, kemudian dikeringkan dan dikukus, harus dipastikan bahwa Couscous tetap menjadi butiran yang terpisah-pisah. Couscous tidak memiliki varian rasa, namun bahan makanan ini sangat pas untuk dipadukan dengan makanan lain, seperti daging atau hidangan sayur.

      Couscous kaya akan karbohidrat yang juga fleksibel untuk dijadikan sajian bubur. Kadang juga dipercantik menjadi dessert yang segar dan dicampur dengan buah dan yogurt. Couscous telah menjadi hidangan tradisional di Afrika Utara selama lebih dari seribu tahun. Memang banyak tersedia Couscous yang instan, namun jika Anda merasa petualang dan gemar memasak, atau sekedar membutuhkan sensasi yang berbeda, mengapa tidak coba belajar bagaimana memasak Couscous?

    • TAGGED: couscous, maroko cuisine,