• Home » Articles » Food
    • Cicip Sop Ikan Berkuah Nanas di Belitung
    • 7 years ago by Ananda Putri Laras
    • 2027 Hits
    • temp

      courtesy of http://orang-kreatif.blogspot.com/

      Menemukan pilihan kuliner di Belitung tidaklah sulit, banyak warung di sepanjang bibir pantai yang menawarkan sajian daerah, tentunya menu unggulan mereka adalah seafood. Ikan, cumi, udang adalah santapan laut yang merupakan hasil tangkapan warga setempat.

      Jangan ketinggalan menyicip hidangan yang disebut Gangan, dari tampilannya saja sudah mencolok. Berkuah kuning segar berisi seekor Ikan Ketarap yang dipotong-potong. Bisa dipastikan, warna kuning didukung oleh lumatan kunyit, jika diseruput kuahnya, maka akan terasa sebuah kombinasi selera yang unik.

      Menyeruput kuah Gangan, berarti kita akan digoda dengan rasa asam gurih yang menggugah selera. Ternyata sumber rasa asam tersebut berasal dari paduan nanas muda, irisan nanas bisa diganti dengan Asam Jawa. Untuk menghasilkan kuah gurih sop ini, irisan nanas, bawang puti yang dipecahkan dan sedikit gula dicampurkan ke dalam air mendidih.

      Hampir setiap hari, ibu-ibu rumah tangga di Belitung memasak Gangan untuk keluarga mereka. Ikan Ketarap dipilih sebagai bahan utama karena ikan ini besar dan tidak berbau amis, karena itulah Ikan Ketarap menjadi ikan termahal di Belitung. Selain Ikan Gangan, kita juga bisa menggunakan Ikan Terisi untuk dijadikan sop khas ini. Gangan sangat pas disajikan dengan sambal Belitung yang terbuat dari rawit merah, dijamin perut Anda tidak cukup hanya dengan sepiring nasi sebagai teman menu santap si Gangan.

    • TAGGED: gangan, gangan belitung, kuliner belitung