• Home » Articles » Food
    • Barongko, Pisang Dibalut dengan Daun Pisang
    • 7 years ago by Ananda Putri Laras
    • 3359 Hits
    • temp

      courtesy of http://panduanwisata.com/files/2013/02/re-barongko.jpg

      Hidangan penutup dengan pisang biasanya dibalut ice cream vanilla, cokelat dan strawberry. Desert yang sudah terkenal secara internasional ini sangat digemari dan lezat disajikan selagi dingin. Memanfaatkan buah tropis pisang, masyarakat Bugis-Makassar menyulapnya menjadi hidangan penutup yang unik.

      Pisang yang digunakan adalah pisang raja atau pisang kepok. Layaknya Lontong ataupun Arem-Arem, pisang ini juga dikukus menggunakan daun pisang. Barongko sebutannya, nama Barongko diambil dari ungkapan Bugis 'Buana naroko' yang artinya buah yang dibungkus oleh daun dari buah itu sendiri.

      Pada saat pemerintahan Raja Bugis, Barongko adalah salah satu jenis makanan penutup yang sangat mewah, yang hanya disajikan untuk para raja-raja. Seperti perkawinan dan ulang tahun, Barongko juga sangat mudah dijumpai dalam acara-acara adat, acara perjamuan dan kegiatan-kegiatan lain di daerah Bugis.

      Untuk memberi variasi citarasa, Barongko biasanya ditambah dengan irisan buah Nangka atau Kelapa muda. Cara menyajikannya pun unik, di atas bosara, sejenis mangkuk berkaki yang ditutupi tudung. Tekstur Barongko yang sangat lembut membuat hidangan ini tidak perlu dikunyah, cukup disesap. Orang Bugis menjuluki rasanya ‘Massipa’ atau dengan kata lain lezat dan memiliki rasa khas tertentu.

      Konon untuk membuat kue ini, harus dilakukan oleh orang yang betul-betul telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam membuat Barongko. Dahulu, hal tersebut penting karena Barongko akan disajikan kepada kaum bangsawan.

      Jika ke Makassar, jangan lupa mencari Barongko terlebih saat memasuki Bulan Ramadhan, Barongko adalah hidangan favorite teman berbuka puasa.

    • TAGGED: barongko, kuliner makassar,