• Home » Articles » Food
    • Tips Memilih Hidangan Laut Yang Segar
    • 8 years ago by Ryan Pratama
    • 1942 Hits
    • temp

      courtesy of www.heatbeads.com.au

      Salah satu sumber protein yang cukup terjangkau dan sering kita makan adalah ikan dan hewan laut lainnya seperti udang, kerang dan juga cumi-cumi. Hewan laut ini merupakan menu favorit di hampir seluruh negara di dunia. Namun sayangnya makanan ini cepat sekali rusak. Untuk itu dalam memilih makanan ini ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar Anda tetap mendapatkan ikan yang segar untuk dikonsumsi.

      Ikan
      Ikan segar mempunyai warna kulit yang cerah, daging ikan akan terasa keras jika ditekan. Lalu mata dari ikan akan terlihat jernih dan bola mata menonjol. Warna insang pun terlihat merah segar dengan sisik-sisik ikan yang masih melekat kuat, utuh, dan mengkilat. Serta yang paling penting tidak berbau busuk.

      Udang

      Warna udang segar jernih dan tidak berbintik, daging terasa keras jika ditekan dan udang terlihat kekar. Kaki dan kulit udang tidak mudang terlepas dan bau amis khas udang tercium.

      Kerang

      Jika Anda membeli kerang dalam cangkang, pastikan masih banyak cangkang yang terbuka. Hal ini menandakan bahwa kerang-kerang tersebut masih hidup. Tapi jika Anda membeli kerang yang sudah lepas dari cangkangnya, pilihlah daging yang masih utuh, padat dan warna daging belum berubah. Serta jangan lupa aroma yang dihasilkan kerang adalah amis khas kerang, bukan beraroma busuk.

      Cumi-Cumi
      Cumi-cumi yang segar mempunyai tekstur daging yang kenyal bila ditekan. Untuk cumi-cumi yang berukuran kecil, warna badannya keunguan dengan bintik-bintik hitam. Sedangkan untuk cumi-cumi yang berukuran lebih dari 20 cm, badannya berwarna putih dengan sedikit bintik hitam. Cumi-cumi yang masih segar juga dilapisi oleh selaput lendir dan mengeluarkan aroma yang khas, bukan berbau busuk.

    • TAGGED: Tips, Ikan, Kerang, Cumi, Udang, Segar, Kenyal