• Home » Articles » Food
    • Perhatikan Ini Saat Mengkonsumsi Sushi
    • 8 years ago by Ryan Pratama
    • 2354 Hits
    • temp

      courtesy of SendokGarpu.com

      Sushi adalah makanan khas Jepang. Untuk memakannya pun, orang-orang Jepang mempunyai tatacaranya tersendiri. Untuk itu perhatikan beberapa hal dibawah ini jika Anda ingin makan sushi.

      Sumpit
      Bagi Anda yang kesulitan menggunakan sumpit, Anda diperbolehkan untuk menggunakan tangan. Jika sumpit sedang tidak digunakan, taruhlah sumpit Anda pada hashi oki yaitu kotak kecil tempat sandaran sumpit. Atau Anda juga bisa menaruh sumpit melintang di atas piring Anda. Jangan pernah menaruhnya di atas meja dengan bersandar pada piring Anda. Jika Anda sedang makan bersama teman, jangan gunakan sumpit yang sudah Anda masukkan ke dalam mulut untuk mengambil sushi bagi teman Anda.

      Shoyu
      Shoyu atau kecap asin Jepang merupakan kecap yang biasa dipakai sebagai teman makan sushi. Tuangkan sedikit shoyu ke dalam piring wadah kecil. Jangan celupkan sushi terlalu dalam, hal ini dianggap tidak sopan dan juga membuat rasa sushi jadi terlalu asin.

      Wasabi
      Pasta berwarna hijau ini adalah teman terbaik menyantap sushi. Mengkonsumsi wasabi ini cukup sedikit saja. Colek wasabi secukupnya saja, jangan berlebihan. Wasabi menimbulkan rasa pedas yang berbeda dengan cabai.

      Gari Soga
      Selain wasabi dan Shoyu, satu hal yang umum ditemui di meja makan restoran Jepang adalah gari soga atau acar jahe yang berwarna pink. Acar jahe ini bisa Anda makan satu helai di sela-sela makan sushi. Fungsinya untuk menetralisir lidah dari rasa sushi yang terakhir Anda makan.

      Cara Makan Sushi
      Saat Anda makan sushi dengan menggunakan tangan ataupu sumpit, celupkan sushi bagian atas ke dalam piring berisi shoyu ataupun saus. Jangan celupkan bagian nasi karena akan membuat nasi menjadi buyar. Sepotong sushi sebaiknya di konsumsi sekaligus, namun jika potongannya terlalu besar untuk Anda, gigit sushi tersebut dan tahan sisanya menggunakan sumpit atau tangan Anda sampai Anda memakannya lgi. Jangan ditaruh kembali di atas piring karena hal tersebut dianggap tidak sopan dan jorok.

    • TAGGED: Sumpit, Wasabi, Tata Cara, Aturan, Makan Sushi